Strategi dan Metode Pembelajaran IPS



Desain pembelajaran yang sangat dianjurkan dalam kegiatan belajar mengajar IPS ialah desain pembelajaran inkuiri (inquiry approach).  Secara umum, istilah “inquiry” berkaitan dengan masalah dan penelitian untuk menjawab suatu masalah. Adapun Rogers (1969), misalnya menyatakan bahwa inkuiri merupakan suatu proses untuk mengajukan pertanyaan dan mendorong semangat belajar para siswa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Metode inquiry sejajar dengan metode pemecahan masalah, berfikir reflektif dan atau discovery (Hagen, 1969).

Inkuiri merupakan salah satu pendekatan yang saat ini digunakan oleh para pengembang kurikulum. Penggunaan pendekatan ini didasarkan atas beberapa pemikiran dari para ahli pendidikan dan hasil-hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pendekatan ini memiliki keunggulan terutama untuk mengembangkan kemampuan berpikir maupun pengetahuan, sikap dan nilai pada peserta didik dibanding dengan pendekatan klasikal dan tradisional.

Pendekatan ini cukup ampuh karena proses belajar lebih terpusat kepada siswa (student centred instruction) daripada kepada guru (teacher centred instruction). Para ahli mendefinisikan metode sebagai bagian dari proses pendidikan yang paling penting. Dalam konteks kependidikan, Wesley (1950) menyatakan bahwa guru yang baik haruslah memiliki metode yang baik, dan guru yang terbaik ditentukan oleh metode yang dikuasainya.

Salah satu metode untuk mengatasi kebosanan siswa belajar di kelas karena pengajaran terlalu didominasi oleh pendekatan ekspositori (ceramah) yang berpusat pada guru adalah metode inkuiri. Terdapat dua fokus model disain pembelajaran untuk keterampilan berpikir ialah keterampilan berpikir kritis (critical thinking skill). Pada hakikatnya, model disain pembelajaran merupakan alternatif model yang dapat dipilih oleh guru untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar IPS.

Prinsip model disain pembelajaran berpikir kritis dan kreatif memiliki beberapa kesamaan dengan inkuiri, ialah sama-sama untuk membantu anak berlatih berpikir dan memecahkan berbagai masalah kehidupan pribadi siswa maupun kemasyarakatan. Oleh karena itu pemahaman terhadap model disain pembelajaran inkuiri akan sangat membantu dalam memahami disain pembelajaran berpikir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Nasikh dan Mansukh

Analisis Kasus Dengan Teori Erikson

Laporan Kuliah Kerja Lapangan Bali 2018