LKPD Bahasa Indonesia Berbasis I-CARE
KOMPETENSI
DASAR
BAHASA
INDONESIA
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan
maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan perintah, dan
petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan
dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakara bahasa daerah.
INDIKATOR:
3.8.1 Menyebutkan ungkapan
penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian,
ajakan, pemberitahuan perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan
menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu
dengan kosakara bahasa daerah.
MATEMATIKA
3.1 Menyajikan
bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan
objek yang disajikan.
INDIKATOR:
3.1.2 Menyebutkan bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai
banyak anggota suatu kumpulan objek
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat menyebutkan ungkapan penyampaian terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan perintah,
dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara
lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakara bahasa daerah.
2.
Siswa dapat menyebutkan bilangan cacah sampai dengan 99
sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
KEGIATAN
1 MENGIDENTIFIKASI UNGKAPAN PERMINTAAN TOLONG
Bacalah percakapan di bawah ini.
Ibu : Nina, ayo segera makan…
ini sudah ibu siapkan makanannya di meja.
Nina : Baik Bu, Nina mandi dulu.
Ibu : Ibu minta tolong
sekalian ambilkan piring ya di meja
Nina : Ini bu, piringnya
Ibu : Terima kasih nak. Ayo
segera mandi!
Nina : Baik, Bu!
Ibu : Jangan lupa sikat gigi
ya.
Nina : Baik, Bu. Oh ya Bu, bisa
minta tolong ambilkan Odolnya?
Ibu : Habis ya?
Nina : Iya, Bu.
Ibu : Ini odolnya.
Nina : Terima kasih ya, Bu.
Ibu : Sikat yang bersih ya
giginya.
Nina : Baik, Bu.
Perhatikanlah teks percakapan di atas!
Apakah kamu
menemukan ungkapan permintaan tolong dalam teks percakapan di atas? Jika iya,
tuliskanlah di bawah ini
……………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………….
KEGIATAN
2 MEMBUAT TEKS UNGKAPAN PERMINTAAN TOLONG
Perhatikan
teks cerita berikut!
Memasak
Bersama Ibu
Pada hari Minggu, Febri
membantu Ibu memasak nasi goreng
Ibu meminta tolong kepada Febri
untuk mengiris sayur
Lalu Ibu yang menggoreng
nasinya hingga matang.
Nasi goreng buatan Febri dan
Ibu pun siap dimakan
Perhatikan
teks cerita di atas. Teks cerita itu berisi ungkapan permintaan tolong. Buatlah
teks ungkapan permintaan tolong berdasarkan ilustrasi di atas!
KEGIATAN 3 MENGHITUNG BANYAK
BILANGAN CACAH
Pagi ini Siti ikut Ibu ke
pasar.
Di pasar Siti melihat buah-buahan.
Siti berlatih menghitungnya.
Berapakah jumlah buah-buahan
yang ada di bawah ini?
KEGIATAN
4 MENULISKAN BILANGAN CACAH
Perhatikan
bilangan berikut ini!
20, 15,
30, 12, 1, 7, 11, 3, 4
Bagaimanakah
urutan bilangan dari yang terkecil ke terbesar?
…………………………………………………………………………………………………………………………….
Komentar
Posting Komentar