LKPD Bahasa Indonesia Berbasis I-CARE


Down Ribbon: PEMBELAJARAN 5


*      KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakara bahasa daerah.
  INDIKATOR:
 3.8.1 Menyebutkan ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakara bahasa daerah.
MATEMATIKA
3.1  Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.
INDIKATOR:
3.1.2 Menyebutkan bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek

*      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat menyebutkan ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakara bahasa daerah.
2.      Siswa dapat menyebutkan bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek

*      KEGIATAN 1 MENGIDENTIFIKASI UNGKAPAN PERMINTAAN TOLONG
Bacalah percakapan di bawah ini.
Ibu                       : Nina, ayo segera makan… ini sudah ibu siapkan makanannya di meja.
Nina                    : Baik Bu, Nina mandi dulu.
Ibu                       : Ibu minta tolong sekalian ambilkan piring ya di meja
Nina                    : Ini bu, piringnya
Ibu                       : Terima kasih nak. Ayo segera mandi!
Nina                    : Baik, Bu!
Ibu                       : Jangan lupa sikat gigi ya.
Nina                    : Baik, Bu. Oh ya Bu, bisa minta tolong ambilkan Odolnya?
Ibu                       : Habis ya?
Nina                    : Iya, Bu.
Ibu                       : Ini odolnya.
Nina                    : Terima kasih ya, Bu.
Ibu                       : Sikat yang bersih ya giginya.
Nina                    : Baik, Bu.

Perhatikanlah teks percakapan di atas!

Apakah kamu menemukan ungkapan permintaan tolong dalam teks percakapan di atas? Jika iya, tuliskanlah di bawah ini

……………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………….

*      KEGIATAN 2 MEMBUAT TEKS UNGKAPAN PERMINTAAN TOLONG
Perhatikan teks cerita berikut!
Memasak Bersama Ibu
Pada hari Minggu, Febri membantu Ibu memasak nasi goreng
Ibu meminta tolong kepada Febri untuk mengiris sayur
Lalu Ibu yang menggoreng nasinya hingga matang.
Nasi goreng buatan Febri dan Ibu pun siap dimakan

Perhatikan teks cerita di atas. Teks cerita itu berisi ungkapan permintaan tolong. Buatlah teks ungkapan permintaan tolong berdasarkan ilustrasi di atas!
Text Box: …………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
 












*      KEGIATAN 3 MENGHITUNG BANYAK BILANGAN CACAH

Pagi ini Siti ikut Ibu ke pasar.
Di pasar Siti melihat  buah-buahan.
Siti berlatih menghitungnya.

Berapakah jumlah buah-buahan yang ada di bawah ini?




*      KEGIATAN 4 MENULISKAN BILANGAN CACAH
Perhatikan bilangan berikut ini!

20, 15, 30, 12, 1, 7, 11, 3, 4

Bagaimanakah urutan bilangan dari yang terkecil ke terbesar?

       …………………………………………………………………………………………………………………………….
           














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Nasikh dan Mansukh

Analisis Kasus Dengan Teori Erikson

Laporan Kuliah Kerja Lapangan Bali 2018