RPS Biologi Semester 1
|
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Jl. Prof Hamka Kampus II UIN Walisongo
Semarang, Jawa Tengah Indonesia
|
|||||||
FORMULIR
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)
|
||||||||
No. Dokumen :
PF-RPS-
TFT-11006
|
No. Revisi :
001
|
Halaman:
1 – 4
|
Tanggal Terbit:
22 Agustus 2016
|
|||||
MataKuliah:
Konsep Dasar IPA MI 1 (Biologi)
|
Kode Mata Kuliah:
GMI-6205
|
Semester: I
|
Beban Belajar :
2 sks
|
Sifat
Mata Kuliah: Wajib
|
Mata
Kuliah Prasyarat:
· -
|
Bidang
Keahlian:
Kependidikan
|
||
Otorisasi
:
|
Dosen Pengampu
Zuanita Adriyani, M.Pd.
|
Kordinator
Rumpun
Mata Kuliah (RMK)
Listiyono,
M.Pd.
|
Ketua
Prodi
H. Fakrur Rozi, M.Ag
|
|||||
Capaian Pembelajaran
|
Program
Studi
(CPL
Prodi)
|
|
||||||
1.
(CPSUf) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial
serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
(CPSUi) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang
keahliannya secara mandiri
(CPSUk) Menjunjung tinggi nilai-nilai etika
akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik
2.
(CPPKb) Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan
bidang keilmuan secara luas dan mendalam berkaitan dengan konsep, filosofi,
metode disiplin keilmuan (body of
knowledge) guru kelas (Bahasa
Indonesia, PKn, IPS, IPA, Matematika dan Rumpun
PAI) dan relevan dengan tuntutan standar isi satuan
pendidikan dalam rangka mewujudkan
pembelajaran yang yang mendidik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif
3.
(CPKUa) Mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliannya
|
||||||||
Mata
Kuliah (CP MK)
|
|
|||||||
Mahasiswa mampu menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik dan
memiliki pemahaman tentang konsep-konsep dasar biologi secara menyeluruh
sebagai bekal dalam membelajarkan materi IPA di MI yang mendidik,
kreatif, inovatif, dan produktif
|
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah
|
Mata
kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas tentang konsep-konsep dasar Biologi sebagai
pendalaman wawasan pengetahuan IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Matakuliah ini merupakan
matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa PGMI sebagai matakuliah
prasyarat. Adapun materi kuliah ini meliputi: Ciri-ciri dan klasifikasi Makhluk
Hidup; Virus dan Bakteri; Hubungan Makhluk hidup dan lingkungannya;
Pertumbuhan dan perkembangan Makhluk Hidup; Adaptasi Binatang; Anatomi
Tumbuhan; Fotosintesis; Struktur tubuh pada Manusia; Alat Indera; Sistem
Pernafasan; Sistem Pencernaan; Peredaran Darah; dan Makanan, Kesehatan,
Penyakit serta Pencegahannya.
|
|||||||
Daftar Pustaka
|
Utama
|
|
||||||
1. Listiana, Liana dkk. 2008. Ilmu
Pengetahuan Alam 1. Surabaya: LAPIS PGMI
2. Sumardi, Yosaphat,dkk. 2008. Materi
Pokok Konsep Dasar IPA di SD. Jakarta: Universitas
Terbuka
|
||||||||
Pendukung
|
|
|||||||
1.
Fessenden, J. Fessenden, J. 1999. Kimia Organik. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Erlangga
2.
Mulyani, Sri. 2006. Anatomi Tumbuhan. Yogyakarta :
Kanisius
3.
Rustaman, Nuryani dkk. 2011. Materi
dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
4.
Wasrie, Kusnadi. Rangkuman
Pengetahuan Alam. Surabaya: Bintang Usaha Jaya
|
||||||||
Media pembelajaran
|
Software:
|
Hardware:
|
||||||
MSPower Point, Video
|
Komputer, LCD Proyektor, White Board
|
|||||||
Dosen Pengampu
|
Zuanita Adriyani
|
|||||||
Pertemuan
ke-.
|
Kemampuan Akhir Tiap Pertemuan
|
Indikator
|
Penilaian
|
Bahan
Kajian/
Materi Pembelajaran
|
Metode
|
Konten Unity of Sciences
|
Pengalaman Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kriteria
& Bentuk
|
Bobot
|
||||||||
1
|
Mampu memahami visi misi
institusi kontrak perkuliahan dan tata tertib Konsep dasar IPA MI 1 (Biologi)
|
1.
Ketepatan menyebutkan visi misi institusi (UIN, Fakultas dan
Prodi)
2.
Ketepatan menjelaskan kontrak perkuliahan Konsep dasar
IPA MI 1 (Biologi)
3.
Ketepatan menjelaskan tata tertib perkuliahan Konsep
dasar IPA MI 1 (Biologi)
4.
Ketepatan menjelaskan prosentase nilai akhir Konsep dasar IPA MI 1 (Biologi)
|
|
-
-
|
Visi misi institusi, Kontrak perkuliahan dan tata tertib perkuliahan Konsep dasar IPA MI 1 (Biologi)
|
Ceramah interaktif, brainstorming, dan diskusi
|
Integrasi
nilai-nilai keislaman, sains, dan kearifan lokal dalam visi dan misi, kontrak
belajar, RPS,
|
1.
Menyebutkan visi misi institusi
2.
Brainstorming untuk menyepakati
kontrak perkuliahan
3.
Membacakan tata tertib perkuliahan Konsep dasar IPA MI 1 (Biologi) dan mendiskusikan tatib yang belum ada
4.
Brainstroming mejelaskan
prosentase nilai akhir perkuliahan Konsep
dasar IPA MI 1 (Biologi) .
|
TM: 100’
|
2
|
Mampu memahami ciri-ciri
dan klasifikasi MH dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman
|
1. Ketepatan menjelaskan ciri makhluk
hidup yang membedakannya dari makhluk tak hidup
2. Ketepatan menjelaskan persamaan dan perbedaan antara tumbuhan dan hewan
3. Ketepatan menjelaskan pengertian klasifikasi
4. Ketepatan menyusun
sistem klasifikasi hewan dan tumbuhan
|
1. Kognitif
Kriteria:
Ketepatan, dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi
2. Afektif
Kriteria:
Kerjasama, menghargai
pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran
Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman
sejawat
|
2%
|
Ciri-ciri dan klasifikasi MH
|
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur
Model: Pembelajaran
Kelompok
|
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an tentang Makanan dan minuman
(Al-Baqoroh:168) Reproduksi (A-hijr:22, Asy-syuara:11) keanekaragaman dan
klasifikasi MH (An-nur:45); keanekaragaman dan klasifikasi tumbuhan
(Thaaha:53, Al-Hajj:5);
|
1.
Dosen bertanya “apakah perbedaan
antara MH dan Makhluk tak hidup”
2.
Mahasiswa diminta untuk membentuk
kelompok
3.
Mahasiswa berdiskusi untuk
menjawab pertanyaan tersebut
4.
Presentasi untuk menyamakan
pendapat
|
TM: 100’
|
3
|
Mampu
mendeskripsikan ciri-ciri virus dan bakteri
|
1. Ketepatan menyebutkan ciri-ciri virus dan
bakteri
2. Ketepatan memberikan contoh-contoh penyakit
yang disebabkan oleh virus dan bakteri
3. Ketepatan membuat
tulisan yang menarik tentang beberapa penyakit yang ditimbulkan
oleh virus atau bakteri
|
1. Kognitif
Kriteria:
Ketepatan, dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi
2. Afektif
Kriteria:
Kerjasama, menghargai
pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran
Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman
sejawat
3. Psikomotorik
Kriteria:
Kemampuan membuat tulisan
yang menarik dan memberi inspirasi tentang penyakit yang ditimbulkan oleh
virus dan bakteri
Bentuk non-tes: Penilaian kinerja produk
|
TM
10%
|
Virus dan Bakteri
|
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur
Model: jigsaw
|
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an tentang jasad renik (Al-Baqoroh:26),
Hadist nabi saw tentang segala penyakit pasti ada obatnya.
|
1.
Mahasiswa duduk sesuai
kelompoknya masing-masing (sesuai pertemuan sebelumnya)
2.
Mahasiswa membentuk 8 kelompok
ahli (4 kelompok: virus dan 4 kelompok : bakteri)
3.
Setiap kelompok berdiskusi
sesuai dengan topik masing-masing
4.
Mahasiswa kembali ke kelompok
awal dan menyampaikan hasil diskusi sebelumnya
5.
Perwakilan mahasiswa
mempresentasikan hasil diskusi
|
TM: 100’
|
4
|
Mampu memahami hubungan
antara Makhluk Hidup dengan lingkungannya serta mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman
|
1.
Ketepatan menjelaskan konsep
saling ketergantungan antar MH
2.
Ketepatan pemberian contoh rantai makanan di lingkungan sekitar
3.
Ketepatan
menjelaskan tentang konsep individu,
populasi, komunitas, ekosistem dan habitat MH.
|
1. Kognitif
Kriteria:
Ketepatan, dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi
2. Afektif
Kriteria:
Kerjasama, menghargai
pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran
Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman
sejawat
|
2%
|
Hubungan antara Makhluk Hidup dengan
lingkungannya serta mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman
|
Metode: Diskusi, Telaah literatur, curah
pendapat, STAD
|
Implementasi
sikap sosial (CPSUf) dalam pembelajaran
|
1.
Mahasiswa duduk sesuai
kelompoknya masing-masing (sesuai pertemuan sebelumnya)
2.
Mahasiswa berdiskusi tentang “organisasi kehidupan dan saling
ketergantungan antar MH”
3.
Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
4.
Kelompok lain boleh ikut menanggapi
5.
Dosen memberikan kuis secara individual
6.
Dosen memberikan reward kepada kelompok terbaik
|
TM: 100’
|
5
|
Mampu memahami dan menjelaskan konsep
pertumbuhan dan perkembangan pd MH dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman
|
1.
Ketepatan menjelaskan konsep pertumbuhan dan perkembangan
2.
Ketepatan menjelaskan perbedaan antara pertumbuhan dan
perkembangan
|
1. Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi
2. Afektif
Kriteria:
Kerjasama, menghargai
pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran
Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman
sejawat
3. Psikomotorik
Kriteria:
Kemampuan ketepatan dalam
menarik kesimpulan percobaan kecambah
Bentuk non-tes: Penilaian kinerja produk
|
TM 10%
|
Konsep pertumbuhan dan perkembangan pd MH
|
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur, brainstorming
Model: pembelajaran
kelompok
|
Penegasan ayat-ayat
al-Qur’an tentang Asal usul Manusia(Al-mu’minun:12-14, Al-mu’minun:67-68,
Al-insan:2)
|
1.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok terdiri 6 siswa
2.
Mengamati tayangan video pertumbuhan dan perkembangan pada manusia
3.
Mengidentifikasi ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan dari tayangan video secara berkelompok.
4.
Presentasi menyamakan persepsi
5.
Dosen memberikan tugas mandiri tentang “pertumbuhan pada biji kacang
hijau ”
|
TM: 100’
|
6
|
Mampu menjelaskan
adaptasi binatang dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman
|
1.
Ketepatan memahami konsep
adaptasi binatang
2.
Ketepatan menyebutkan macam-macam adaptasi
binatang
3.
Ketepatan memberikan Contoh macam-macam adaptasi
binatang
|
1. Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi
2. Afektif
Kriteria:
Kerjasama, menghargai
pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran
Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman
sejawat
|
2%
|
Adaptasi binatang
|
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur, brainstorming
Model: TPS
|
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an tentang tingkahlaku hewan (An-nahl:68)
|
1.
Dosen menampilkan gambar
tentang” bentuk kaki bebek dengan ayam”
2.
Mahasiswa diminta untu saling
berpasangan berdiskusi menganalisa tentang adanya perbedaan antara kedua
bentuk kaki binatang tersebut.
3. Setiap
kelompok berbagi jawaban dengan kelompok lain
4. Bersama-sama
menarik kesimpulan
|
TM: 100’
|
7
|
Mampu menjelaskan
anatomi tumbuhan dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman
|
1.
Ketepatan menjelaskan pengertian anatomi tumbuhan
2.
Ketepatan mendeskripsikan sistem jaringan tumbuhan
(akar, batang, daun, bunga, buah dan biji)
|
1. Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi
2. Afektif
Kriteria:
Kerjasama, menghargai
pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran
Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman
sejawat
|
2%
UTS: 20%
|
Konsep anatomi
tumbuhan
|
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur
Model: Jigsaw
|
Implementasi
sikap sosial (CPSUf) dalam pembelajaran
|
1.
Mahasiswa duduk sesuai
kelompoknya masing-masing (sesuai pertemuan sebelumnya)
2.
Mahasiswa membentuk 5 kelompok
ahli (akar, batang, daun,
bunga, buah dan biji)
3.
Setiap kelompok berdiskusi
sesuai dengan topik masing-masing
4.
Mahasiswa kembali ke kelompok
awal dan menyampaikan hasil diskusi sebelumnya
5.
Perwakilan mahasiswa
mempresentasikan hasil diskusi
|
TM:
100’
|
9
|
Mampu menjelaskan peristiwa terjadinya proses
pembuatan makanan pada tumbuhan (fotosintesis)
|
1.
Ketepatan menjelaskan definisi fotosintesis
2.
Ketepatan menjelaskan
proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
3.
Ketepatan mendeskripsikan
faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
4.
Ketapatan menjelaskan
tahapan reaksi gelap dan reaksi terang dalam proses fotosintesis
|
1. Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi
2. Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman,
terbuka terhadap kritik dan saran
Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman
sejawat
|
2%
|
Peristiwa terjadinya proses pembuatan makanan
pada tumbuhan (fotosintesis)
|
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur, brainstorming
Model: pembelajaran
kelompok
|
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an tentang fotosintesis
(Al-Waqiah:71-72)
|
1.
Dosen bertanya “bagaimana
proses terjadinya fotosintesis pada tanaman”
2.
Mahasiswa diminta untuk
berpasangan dengan mahasiswa lain utk menjawab pertanyaan tersebut
3.
Mahasiswa berbagi dengan
kelompok lain
4.
Presentasi menyamakan persepsi
|
TM: 100’
|
10
|
Mampu menjelaskan dan memahami struktur tubuh
pada manusia
|
1.
Ketepatan menyebutkan
macam-macam tulang penyusunan tubuh manusia
2.
Ketepatan menjelaskan
fungsi rangka
3.
Ketepatan menjelaskan
macam-macam sendi
4.
Ketepatan membedakan
macam-macam otot
5.
Ketepatan menjelaskan
macam-macam kelainan penyakit pada tulang
|
1. Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi
2. Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman,
terbuka terhadap kritik dan saran
Bentuk non-tes:
Observasi
|
2%
|
struktur tubuh pada manusia
|
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur
Model: NHT
|
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an tentang tulang dan
otot (Al-Mukminun: 14)
|
1.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok terdiri 6 siswa
2.
Setiap anggota kelompok diberi nomor 1-5
3.
Setiap anggota kelompok berdiskusi menjawab pertanyaan dosen
tentang “ perlunya rangka bagi tubuh manusia”
4.
Setiap kelompok berpikir bersama menyatukan pendapat
5.
Dosen memanggil salah satu nomor utk mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas
|
TM: 100’
|
11
|
Mampu menjelaskan alat indera pada manusia
|
1.
Ketepatan menyebutkan macam-macam alat indera
beserta fungsi-fungsinya
2.
Ketepatan menjelaskan fungsi bagian-bagian dari
alat indera
|
1. Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi
2. Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman,
terbuka terhadap kritik dan saran
Bentuk non-tes:
Observasi
|
2%
|
Alat indera manusia pada manusia
|
Brainstorming, diskusi,
tanya jawab
|
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an Mendengar dan melihat (An-nisa:2)
|
1. Mahasiswa berdiskusi bersama menjawab
pertanyaan dosen tentang fungsi-fungsi alat indera
2. Presentasi di depan kelas untuk menyamakan
persepsi
|
TM: 100’
|
12
|
Mampu membedakan macam-macam pernafasan pada manusia
|
1.
Ketepatan menjelaskan alat pernafasan beserta fungsinya
2.
Ketepatan menjelaskan proses bernafas sesuai
dengan jenis pernafasannya
|
1. Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi
2. Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman,
terbuka terhadap kritik dan saran
Bentuk non-tes:
Observasi
|
1 %
|
Sistem pernafasan pada manusia
|
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur
Model: TPS
|
Implementasi
sikap sosial (CPSUf) dalam pembelajaran
|
1.
Dosen bertanya “apakah
perbedaan antara antara pernafasan dada dan perut?”
2.
Mahasiswa diminta untuk berpasangan
dengan mahasiswa lain utk menjawab pertanyaan tersebut
Mahasiswa
berbagi dengan kelompok lain
3. Presentasi di depan kelas untuk menyamakan
persepsi
|
TM: 100’
|
13
|
Mampu memahami proses terjadinya pencernaan
makanan pada manusia
|
1.
Ketepatan menjelaskan macam-macam organ pencernaan
pada manusia
2.
Ketepatan menjelaskan proses pencernaan makanan
sesuai dengan urutan organnya
|
1. Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi
2. Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman,
terbuka terhadap kritik dan saran
Bentuk non-tes:
Observasi
|
2%
|
Sistem pencernaan pada manusia
|
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur
Model: NHT
|
Implementasi sikap
sosial (CPSUf) dalam pembelajaran
|
1.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok terdiri 6 siswa
2.
Setiap anggota kelompok diberi nomor 1-5
3.
Setiap anggota kelompok berdiskusi menjawab pertanyaan dosen
tentang “bagaimana proses suatu makanan dicerna dari awal sampai akhir?”
4.
Dosen memanggil salah satu nomor utk mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas
|
TM: 100’
|
14
|
Mampu memahami sistem peredaran darah pada
manusia
|
Ketepatan
menjelaskan proses beredarnya darah dalam tubuh manusia
|
1. Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi
2. Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman,
terbuka terhadap kritik dan saran
Bentuk non-tes:
Observasi
|
1 %
|
Sistem peredaran darah pada manusia
|
Brainstorming, diskusi,
tanya jawab
|
Implementasi
sikap sosial (CPSUf) dalam pembelajaran
|
1. Mahasiswa berdiskusi bersama menjawab
pertanyaan dosen tentang fungsi-fungsi alat indera
2. Presentasi di depan kelas untuk menyamakan
persepsi
|
TM: 100’
|
15
|
Mampu mengaplikasikan hubungan antara Makanan,
Kesehatan, Penyakit dan Pencegahannya
|
1.
Ketepatan menjelaskan macam-macam zat makanan yang
dibutuhkan oleh tubuh beserta fungsinya
2. Ketepatan menjelaskan berbagai
macam penyakit pada manusia
3. Ketepatan menjelaskan pencegahan
yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit
|
1. Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi
2. Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman,
terbuka terhadap kritik dan saran
Bentuk non-tes:
Observasi
3. Psikomotorik
Kriteria:
Kemampuan membuat tulisan
yang menarik tentang hubungan antara makanan, kesehatan, penyakit dan
pencegahannya
Bentuk non-tes: Penilaian kinerja produk
|
TM
10%
UAS
30%
|
Makanan, Kesehatan, Penyakit dan Pencegahannya
|
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur
Model: PBL
|
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an tentang Makan dan
minum (Al-a’rof: 31), makanan halal (An-Nahl: 1114-117; Al-Maidah: 88)
|
1.
Mahasiswa dibentuk beberapa kelompok kecil
(6 mahasiswa)
2.
Setiap kelompok berdiskusi bersama
tentang
macam-macam zat makanan beserta fungsinya
3.
Setiap kelompok mencari
beberapa literatur untuk membuat suatu makalah tentang aplikasi dari hubungan
antara makanan, kesehatan, penyakit dan pencegahannya
|
TM: 100’
|
Komponen
dan Bobot Penilaian :
1.
Tugas Mandiri (a) :
30%
2.
Tugas Terstruktur (b) : 20%
3.
Ujian Tengah Semester (c) : 20%
4.
Ujian Akhir Semester (d) : 30%
Nilai Akhir = (a x 30%)+(b x 20%)+(c x 20%)+(d
x 30%)
Semarang, 31 Agustus 2016
Dosen Pengampu,
Zuanita
Adriyani
RENCANA TUGAS
MAHASISWA (Tugas Terstruktur/TT dan Tugas mandiri/TM)
Rencana
Tugas ke-
|
Tatap
Muka
ke-
|
Tujuan
Tugas
|
Uraian
Tugas
|
Kriteria Penilaian
|
|||
Obyek
Garapan
|
Batasan
yang Harus dikerjakan
|
Metode/cara
pengerjaan tugas
|
Bentuk
Luaran Tugas
|
||||
Tugas
Terstruktur
1
|
2
|
Mahasiswa memahami ciri makhluk hidup yang membedakannya dari makhluk
tak hidup dan Klasifikasi MH
|
Membuat resume
materi pembelajaran
|
1.
Resume ciri-ciri MH.
2.
Resume menyusun klasifikasi MH.
|
1.
Resume dibuat secara individual.
2.
Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.
|
Resume ditulis
tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen
resume dimasukkan ke dalam folder
plastik (untuk portofolio selama 1 semester).
|
Bobot 2%
|
2
|
4
|
Mampu memahami konsep
saling ketergantungan antar MH
|
Membuat resume materi pembelajaran
|
1.
Resume konsep saling ketergantungan antar MH dan contoh rantai makanan.
2.
Resume konsep
individu, populasi, komunitas, ekosistem dan habitat MH
|
1.
Resume dibuat secara individual.
2.
Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.
|
Resume ditulis
tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen
resume dimasukkan ke dalam folder
portofolio.
|
Bobot 2%
|
3
|
5
|
Mahasiswa
mampu membedakan konsep pertumbuhan dan perkembangan pada MH
|
Membuat resume materi pembelajaran
|
1. Resume konsep pertumbuhan
2. Resume konsep perkembangan MH
|
1.
Resume dibuat secara individual.
2.
Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.
|
Resume ditulis
tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen
resume dimasukkan ke dalam folder
portofolio.
|
Bobot 2%
|
4
|
6
|
Mampu menjelaskan
perkembangbiakan pada MH
|
Membuat resume materi pembelajaran
|
1. Resume konsep
perkembangbiakan pada hewan tingkat
tinggi dan rendah
2. Resume konsep
perkembangbiakan pada tumbuhan
tingkat tinggi dan rendah
3. Resume
proses pemanfaatan tekhnologi dalam
meningkatkan kualitas keturunan pd tumbuhan dan hewan
|
1.
Resume dibuat secara individual.
2.
Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.
|
Resume ditulis
tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen
resume dimasukkan ke dalam folder
portofolio.
|
Bobot 2%
|
5
|
7
|
Mampu memahami
macam-macam adaptasi binatang beserta contohnya
|
Membuat resume materi pembelajaran
|
1.
Resume konsep adaptasi binatang
2.
Resume macam-macam adaptasi binatang beserta
contohnya
|
1.
Resume dibuat secara individual.
2.
Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.
|
Resume ditulis
tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen
resume dimasukkan ke dalam folder
portofolio.
|
Bobot 2%
|
6
|
9
|
Mampu memahami struktur jaringan pada tumbuhan beserta fungsinya
|
Membuat resume materi pembelajaran
|
1.
Resume konsep anatomi tumbuhan
2.
Resume mendeskripsikan sistem jaringan tumbuhan
(akar, batang, daun, bunga, buah dan biji)
|
1.
Resume dibuat secara individual.
2.
Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.
|
Resume ditulis
tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen
resume dimasukkan ke dalam folder portofolio.
|
Bobot 2%
|
7
|
10
|
Mampu menjelaskan fungsi rangka dan macam-macam
kelainan penyakit pada tulang
|
Membuat resume materi pembelajaran
|
1.
Resume macam-macam tulang, sendi dan
otot penyusun tubuh manusia
2.
Resume fungsi rangka
3.
Resume macam-macam kelainan penyakit
pada tulang
|
1.
Resume dibuat secara individual.
2.
Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.
|
Resume ditulis
tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen
resume dimasukkan ke dalam folder
portofolio.
|
Bobot 2%
|
8
|
11
|
Mampu
menyebutkan macam-macam alat indera dan fungsi bagian-bagian dari alat indera
|
Membuat resume materi pembelajaran
|
1.
Resume macam-macam alat indera beserta
fungsi-fungsinya
2.
Resume fungsi bagian-bagian dari alat indera
|
1.
Resume dibuat secara individual.
2.
Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.
|
Resume ditulis
tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen
resume dimasukkan ke dalam folder
portofolio.
|
Bobot 2%
|
9
|
12
|
Mampu menyebutkan alat pernafasan beserta fungsinya
|
Membuat resume materi pembelajaran
|
1.
Resume organ pernafasan pada manusia beserta
fungsinya
2.
Resume proses bernafas berdasarkan jenis
pernafasannya
|
1.
Resume dibuat secara individual.
2.
Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.
|
Resume ditulis
tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen
resume dimasukkan ke dalam folder
portofolio.
|
1%
|
10
|
13
|
Mampu memahami proses terjadinya pencernaan
makanan pada manusia
|
Membuat resume materi pembelajaran
|
1.
Resume organ pencernaan pada manusia beserta
fungsinya
2.
Resume proses pencernaan makanan sesuai dengan
urutan organnya
|
1.
Resume dibuat secara individual.
2.
Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.
|
Resume ditulis
tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen
resume dimasukkan ke dalam folder
portofolio.
|
2%
|
11
|
14
|
Mampu memahami sistem peredaran darah pada
manusia
|
Membuat resume materi pembelajaran
|
Resume proses beredarnya darah dalam
tubuh manusia
|
1.
Resume dibuat secara individual.
2.
Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.
|
Resume ditulis
tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen
resume dimasukkan ke dalam folder
portofolio.
|
1%
|
Tugas Mandiri
1
|
3
|
Mahasiswa mampu menyusun tulisan yang menarik tentang penyakit yang
ditimbulkan oleh virus dan bakteri
|
Makalah
|
-
Gejala
-
Penyebab
-
Cara Penularan
-
Pengobatan
|
1) Buatlah sebuah makalah tentang penyakit yang ditimbulkan oleh virus dan bakteri
2) Makalah berisi tentang:
-
Gejala
-
Penyebab
-
Cara Penularan
-
Pengobatan
3) Tugas ini bersifat kelompok.
4) Setiap kelompok harus mempunyai tema penyakit
yang berbeda
|
Makalah diketik komputer rapi dengan spasi 1.5 dengan font Time
New Roman dan diprint out dengan kertas A4 dan dijilid rapi.
|
Bobot
penilaian tugas mandiri ini 30% dari 100%
|
2
|
5
|
Membuat laporan
praktikum pertumbuhan biji kacang hijau di tempat gelap dan terang
|
Laporan Praktikum
Kecambah
|
-
Mengamati dan mengukur pertambahan tinggi batang
pada kacang hijau setiap hari
-
Mengamati kekuatan akar dan batang
-
Mengamati warna batang dan daun
-
Mengamati diamater batang, akar dan daun
|
1) Buatlah laporan praktikum tentang pertumbuhan
biji kacang hijau di tempat gelap dan terang
2) Laporan praktikum berisi:
-
Tujuan praktikum
-
Dasar Teori/ Landasan Teori yang melatar belakangi adanya praktikum
-
Alat dan Bahan yang digunakan dalam praktikum
-
Cara kerja praktikum
-
Data pengamatan
-
Pembahasan
-
Kesimpulan
-
Daftar Pustaka
3) Tugas bersifat individual
|
Laporan praktikum
ditulis tangan rapi di kertas folio bergaris.
|
|
3
|
15
|
Mahasiswa mampu menyusun tulisan yang menarik tentang aplikasi
dari hubungan antara makanan, kesehatan, penyakit
dan pencegahannya
|
Makalah
|
Mencari hubungan antara makanan
yang dapat berpengaruh pada kesehatan atau sebaliknya (memicu suatu penyakit )
|
1) Buatlah sebuah makalah tentang antara makanan,
kesehatan, penyakit dan pencegahannya
2) Makalah berisi tentang:
-
Jenis Makanan
-
Efek bagi Kesehatan atau Penyakit
-
Cara pengobatan penyakit
3) Tugas ini bersifat kelompok.
4) Setiap kelompok harus mempunyai tema yang
berbeda
|
Makalah diketik komputer rapi dengan spasi 1.5 dengan font Time
New Roman dan diprint out dengan kertas A4 dan dijilid rapi.
|
Semarang, 31 Agustus 2016
Dosen Pengampu,
Tim Teaching
Zuanita
Adriyani
Komentar
Posting Komentar