RPS Biologi Semester 1

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Jl. Prof Hamka Kampus II UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah Indonesia
FORMULIR
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
No. Dokumen :
PF-RPS- TFT-11006
No. Revisi :
001
Halaman:
1 – 4
Tanggal Terbit:
22 Agustus 2016
MataKuliah:
Konsep Dasar IPA MI 1 (Biologi)
Kode Mata Kuliah:
GMI-6205
Semester:  I
Beban Belajar :
2 sks
Sifat Mata Kuliah: Wajib
Mata Kuliah Prasyarat:
·       -
Bidang Keahlian:
Kependidikan
Otorisasi :
Dosen Pengampu




Zuanita Adriyani, M.Pd.
Kordinator
Rumpun Mata Kuliah (RMK)



Listiyono, M.Pd.

Ketua Prodi




H. Fakrur Rozi, M.Ag
Capaian Pembelajaran         
Program Studi
(CPL Prodi)

1.         (CPSUf) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
(CPSUi) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
(CPSUk) Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik
2.         (CPPKb) Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan bidang keilmuan secara luas dan mendalam berkaitan dengan konsep, filosofi, metode disiplin keilmuan (body of knowledge) guru kelas (Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA,  Matematika dan Rumpun PAI) dan relevan dengan tuntutan standar isi satuan pendidikan dalam rangka  mewujudkan pembelajaran yang yang mendidik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif
3.         (CPKUa) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mata Kuliah (CP MK)

Mahasiswa mampu menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik dan memiliki pemahaman tentang konsep-konsep dasar biologi secara menyeluruh sebagai bekal dalam membelajarkan materi IPA di MI yang mendidik, kreatif, inovatif, dan produktif
Deskripsi Mata Kuliah                    
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas tentang konsep-konsep dasar Biologi sebagai pendalaman wawasan pengetahuan IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Matakuliah ini merupakan matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa PGMI sebagai matakuliah prasyarat. Adapun materi kuliah ini meliputi: Ciri-ciri dan klasifikasi Makhluk Hidup; Virus dan Bakteri; Hubungan Makhluk hidup dan lingkungannya; Pertumbuhan dan perkembangan Makhluk Hidup; Adaptasi Binatang; Anatomi Tumbuhan; Fotosintesis; Struktur tubuh pada Manusia; Alat Indera; Sistem Pernafasan; Sistem Pencernaan; Peredaran Darah; dan Makanan, Kesehatan, Penyakit serta Pencegahannya.
Daftar Pustaka
Utama

1.      Listiana, Liana dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1. Surabaya: LAPIS PGMI
2.      Sumardi, Yosaphat,dkk. 2008. Materi Pokok Konsep Dasar IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Pendukung

1.      Fessenden, J. Fessenden, J. 1999. Kimia Organik. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Erlangga
2.      Mulyani, Sri. 2006. Anatomi Tumbuhan. Yogyakarta : Kanisius
3.      Rustaman, Nuryani dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
4.      Wasrie, Kusnadi. Rangkuman Pengetahuan Alam. Surabaya: Bintang Usaha Jaya


Media pembelajaran
Software:
Hardware:
MSPower Point, Video
Komputer, LCD Proyektor, White Board
Dosen Pengampu
Zuanita Adriyani

Pertemuan ke-.
Kemampuan Akhir Tiap Pertemuan
Indikator
Penilaian
Bahan Kajian/ Materi Pembelajaran
Metode
Konten Unity of Sciences
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Kriteria & Bentuk
Bobot
1

Mampu memahami visi misi institusi kontrak perkuliahan dan tata tertib Konsep dasar IPA MI 1 (Biologi)  
1.     Ketepatan menyebutkan visi misi institusi (UIN, Fakultas dan Prodi)
2.     Ketepatan menjelaskan kontrak perkuliahan Konsep dasar IPA MI 1 (Biologi)   
3.     Ketepatan menjelaskan tata tertib perkuliahan Konsep dasar IPA MI 1 (Biologi)   
4.     Ketepatan menjelaskan prosentase nilai akhir Konsep dasar IPA MI 1 (Biologi)   

-


-
Visi misi institusi, Kontrak perkuliahan dan tata tertib perkuliahan Konsep dasar IPA MI 1 (Biologi)  
Ceramah interaktif, brainstorming, dan diskusi
Integrasi nilai-nilai keislaman, sains, dan kearifan lokal dalam visi dan misi, kontrak belajar, RPS,

1.     Menyebutkan visi misi institusi
2.     Brainstorming untuk menyepakati kontrak perkuliahan
3.     Membacakan tata tertib perkuliahan Konsep dasar IPA MI 1 (Biologi)  dan mendiskusikan tatib yang belum ada
4.     Brainstroming mejelaskan prosentase nilai akhir perkuliahan Konsep dasar IPA MI 1 (Biologi)  .

TM: 100’
2
Mampu memahami ciri-ciri dan klasifikasi MH dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman

1.     Ketepatan menjelaskan ciri makhluk hidup yang membedakannya dari makhluk tak hidup
2.     Ketepatan menjelaskan persamaan dan perbedaan antara tumbuhan dan hewan
3.     Ketepatan menjelaskan pengertian klasifikasi
4.     Ketepatan menyusun sistem klasifikasi hewan dan tumbuhan

1.     Kognitif
Kriteria:
Ketepatan, dan penguasaan

Bentuk non-tes:
Presentasi
2.     Afektif
Kriteria:
Kerjasama, menghargai pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran

Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman sejawat

2%






Ciri-ciri dan klasifikasi MH
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur

Model: Pembelajaran Kelompok
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an tentang Makanan dan minuman (Al-Baqoroh:168) Reproduksi (A-hijr:22, Asy-syuara:11) keanekaragaman dan klasifikasi MH (An-nur:45); keanekaragaman dan klasifikasi tumbuhan (Thaaha:53, Al-Hajj:5);
1.     Dosen bertanya “apakah perbedaan antara MH dan Makhluk tak hidup”
2.     Mahasiswa diminta untuk membentuk kelompok
3.     Mahasiswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tersebut
4.    Presentasi untuk menyamakan pendapat
TM: 100’




3
Mampu mendeskripsikan ciri-ciri virus dan bakteri
1.       Ketepatan menyebutkan ciri-ciri virus dan bakteri
2.       Ketepatan memberikan contoh-contoh penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri
3.       Ketepatan membuat
tulisan yang menarik tentang beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh virus  atau bakteri
1.     Kognitif
Kriteria:
Ketepatan, dan penguasaan

Bentuk non-tes:
Presentasi
2.     Afektif
Kriteria:
Kerjasama, menghargai pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran

Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman sejawat
3.     Psikomotorik
Kriteria:
Kemampuan membuat tulisan yang menarik dan memberi inspirasi tentang penyakit yang ditimbulkan oleh virus dan bakteri

Bentuk non-tes: Penilaian kinerja produk
TM
10%

Virus dan Bakteri
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur
Model: jigsaw
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an tentang jasad renik (Al-Baqoroh:26), Hadist nabi saw tentang segala penyakit pasti ada obatnya.

1.     Mahasiswa duduk sesuai kelompoknya masing-masing (sesuai pertemuan sebelumnya)
2.     Mahasiswa membentuk 8 kelompok ahli (4 kelompok: virus dan 4 kelompok : bakteri)
3.     Setiap kelompok berdiskusi sesuai dengan topik masing-masing
4.     Mahasiswa kembali ke kelompok awal dan menyampaikan hasil diskusi sebelumnya
5.     Perwakilan mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi
TM: 100’

4
Mampu memahami hubungan antara Makhluk Hidup dengan lingkungannya serta mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman

1.     Ketepatan menjelaskan konsep saling ketergantungan antar MH
2.     Ketepatan pemberian contoh rantai makanan di lingkungan sekitar
3.     Ketepatan menjelaskan  tentang konsep individu, populasi, komunitas, ekosistem dan habitat MH.

1.     Kognitif
Kriteria:
Ketepatan, dan penguasaan

Bentuk non-tes:
Presentasi

2.     Afektif
Kriteria:
Kerjasama, menghargai pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran

Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman sejawat
2%








Hubungan antara Makhluk Hidup dengan lingkungannya serta mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman

Metode: Diskusi, Telaah literatur, curah pendapat, STAD

Implementasi sikap sosial (CPSUf) dalam pembelajaran
1.     Mahasiswa duduk sesuai kelompoknya masing-masing (sesuai pertemuan sebelumnya)
2.     Mahasiswa berdiskusi tentang “organisasi kehidupan dan saling ketergantungan antar MH”
3.     Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
4.     Kelompok lain boleh ikut menanggapi
5.      Dosen memberikan kuis secara individual
6.     Dosen memberikan reward kepada kelompok terbaik
TM: 100’




5
Mampu memahami dan menjelaskan konsep pertumbuhan dan perkembangan pd MH dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman
1.     Ketepatan menjelaskan konsep pertumbuhan dan perkembangan
2.     Ketepatan menjelaskan perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan
1.     Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan

Bentuk non-tes:
Presentasi

2.     Afektif
Kriteria:
Kerjasama, menghargai pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran

Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman sejawat

3.     Psikomotorik
Kriteria:
Kemampuan ketepatan dalam menarik kesimpulan percobaan kecambah

Bentuk non-tes: Penilaian kinerja produk
TM 10%





Konsep pertumbuhan dan perkembangan pd MH
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur, brainstorming
Model: pembelajaran kelompok
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an tentang Asal usul Manusia(Al-mu’minun:12-14, Al-mu’minun:67-68, Al-insan:2)
1.     Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok terdiri 6 siswa
2.     Mengamati tayangan video pertumbuhan dan perkembangan pada manusia
3.     Mengidentifikasi ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan dari tayangan video secara berkelompok.
4.     Presentasi menyamakan persepsi
5.     Dosen memberikan tugas mandiri tentang “pertumbuhan pada biji kacang hijau ”

TM: 100’

6
Mampu menjelaskan adaptasi binatang dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman
1.       Ketepatan memahami konsep adaptasi binatang
2.       Ketepatan menyebutkan macam-macam adaptasi binatang
3.       Ketepatan memberikan Contoh macam-macam adaptasi binatang 

1.     Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan

Bentuk non-tes:
Presentasi

2.     Afektif
Kriteria:
Kerjasama, menghargai pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran

Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman sejawat
2%










Adaptasi binatang
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur, brainstorming
Model: TPS
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an tentang tingkahlaku hewan (An-nahl:68)
1.     Dosen menampilkan gambar tentang” bentuk kaki bebek dengan ayam”
2.     Mahasiswa diminta untu saling berpasangan berdiskusi menganalisa tentang adanya perbedaan antara kedua bentuk kaki binatang tersebut.
3.     Setiap kelompok berbagi jawaban dengan kelompok lain
4.     Bersama-sama menarik kesimpulan
TM: 100’
7
Mampu menjelaskan anatomi tumbuhan dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman
1.     Ketepatan menjelaskan pengertian anatomi tumbuhan
2.     Ketepatan mendeskripsikan sistem jaringan tumbuhan (akar, batang, daun, bunga, buah dan biji)

1.     Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan

Bentuk non-tes:
Presentasi

2.     Afektif
Kriteria:
Kerjasama, menghargai pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran

Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman sejawat
2%










UTS: 20%
Konsep anatomi tumbuhan
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur
Model: Jigsaw
Implementasi sikap sosial (CPSUf) dalam pembelajaran
1.     Mahasiswa duduk sesuai kelompoknya masing-masing (sesuai pertemuan sebelumnya)
2.     Mahasiswa membentuk 5 kelompok ahli (akar, batang, daun, bunga, buah dan biji)
3.     Setiap kelompok berdiskusi sesuai dengan topik masing-masing
4.     Mahasiswa kembali ke kelompok awal dan menyampaikan hasil diskusi sebelumnya
5.     Perwakilan mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi
TM:
100’
9
Mampu menjelaskan peristiwa terjadinya proses pembuatan makanan pada tumbuhan (fotosintesis)
1.     Ketepatan menjelaskan definisi fotosintesis
2.     Ketepatan menjelaskan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
3.     Ketepatan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
4.     Ketapatan menjelaskan tahapan reaksi gelap dan reaksi terang dalam proses fotosintesis

1.     Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan

Bentuk non-tes:
Presentasi

2.     Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran

Bentuk non-tes:
Penilaian sesama teman sejawat
2%

Peristiwa terjadinya proses pembuatan makanan pada tumbuhan (fotosintesis)
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur, brainstorming
Model: pembelajaran kelompok
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an tentang fotosintesis (Al-Waqiah:71-72)
1.     Dosen bertanya “bagaimana proses terjadinya fotosintesis pada tanaman”
2.     Mahasiswa diminta untuk berpasangan dengan mahasiswa lain utk menjawab pertanyaan tersebut
3.     Mahasiswa berbagi dengan kelompok lain
4.     Presentasi menyamakan persepsi

TM: 100’
10
Mampu menjelaskan dan memahami struktur tubuh pada manusia
1.     Ketepatan menyebutkan macam-macam tulang penyusunan tubuh manusia
2.     Ketepatan menjelaskan fungsi rangka
3.     Ketepatan menjelaskan macam-macam sendi
4.     Ketepatan membedakan macam-macam otot
5.     Ketepatan menjelaskan macam-macam kelainan penyakit pada tulang
1.     Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-tes:
Presentasi


2.     Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran

Bentuk non-tes:
Observasi
2%

struktur tubuh pada manusia
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur
Model: NHT
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an tentang tulang dan otot (Al-Mukminun: 14)
1.     Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok terdiri 6 siswa
2.     Setiap anggota kelompok diberi nomor 1-5
3.     Setiap anggota kelompok berdiskusi menjawab pertanyaan dosen tentang “ perlunya rangka bagi tubuh manusia”
4.     Setiap kelompok berpikir bersama menyatukan pendapat
5.     Dosen memanggil salah satu nomor utk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

TM: 100’
11
Mampu menjelaskan alat indera pada manusia
1.       Ketepatan menyebutkan macam-macam alat indera beserta fungsi-fungsinya
2.       Ketepatan menjelaskan fungsi bagian-bagian dari alat indera
1.     Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan

Bentuk non-tes:
Presentasi

2.     Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran

Bentuk non-tes:
Observasi
2%
Alat indera manusia pada manusia
Brainstorming, diskusi, tanya jawab
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an Mendengar dan melihat (An-nisa:2)

1.     Mahasiswa berdiskusi bersama menjawab pertanyaan dosen tentang fungsi-fungsi alat indera
2.     Presentasi di depan kelas untuk menyamakan persepsi

TM: 100’
12
Mampu membedakan  macam-macam pernafasan pada manusia
1.       Ketepatan menjelaskan alat pernafasan beserta fungsinya
2.       Ketepatan menjelaskan proses bernafas sesuai dengan jenis pernafasannya
1.     Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan

Bentuk non-tes:
Presentasi

2.     Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran

Bentuk non-tes:
Observasi
1 %
Sistem pernafasan pada manusia
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur
Model: TPS
Implementasi sikap sosial (CPSUf) dalam pembelajaran
1.     Dosen bertanya “apakah perbedaan antara antara pernafasan dada dan perut?”
2.     Mahasiswa diminta untuk berpasangan dengan mahasiswa lain utk menjawab pertanyaan tersebut
Mahasiswa berbagi dengan kelompok lain
3.     Presentasi di depan kelas untuk menyamakan persepsi

TM: 100’
13
Mampu memahami proses terjadinya pencernaan makanan pada manusia
1.       Ketepatan menjelaskan macam-macam organ pencernaan pada manusia
2.       Ketepatan menjelaskan proses pencernaan makanan sesuai dengan urutan organnya
1.     Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan

Bentuk non-tes:
Presentasi

2.     Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran

Bentuk non-tes:
Observasi
2%
Sistem pencernaan pada manusia
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur
Model: NHT
Implementasi sikap sosial (CPSUf) dalam pembelajaran
1.     Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok terdiri 6 siswa
2.     Setiap anggota kelompok diberi nomor 1-5
3.     Setiap anggota kelompok berdiskusi menjawab pertanyaan dosen tentang “bagaimana proses suatu makanan dicerna dari awal sampai akhir?”
4.     Dosen memanggil salah satu nomor utk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
TM: 100’
14
Mampu memahami sistem peredaran darah pada manusia
Ketepatan menjelaskan proses beredarnya darah dalam tubuh manusia
1.     Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan

Bentuk non-tes:
Presentasi

2.     Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran


Bentuk non-tes:
Observasi
1 %
Sistem peredaran darah pada manusia
Brainstorming, diskusi, tanya jawab
Implementasi sikap sosial (CPSUf) dalam pembelajaran
1.     Mahasiswa berdiskusi bersama menjawab pertanyaan dosen tentang fungsi-fungsi alat indera
2.     Presentasi di depan kelas untuk menyamakan persepsi

TM: 100’
15
Mampu mengaplikasikan hubungan antara Makanan, Kesehatan, Penyakit dan Pencegahannya
1.       Ketepatan menjelaskan macam-macam zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh beserta fungsinya
2.       Ketepatan menjelaskan   berbagai macam penyakit pada manusia 
3.       Ketepatan menjelaskan   pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit
1.     Kognitif
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan

Bentuk non-tes:
Presentasi

2.     Afektif
Kriteria:
Menghargai pendapat teman, terbuka terhadap kritik dan saran

Bentuk non-tes:
Observasi

3.     Psikomotorik
Kriteria:
Kemampuan membuat tulisan yang menarik tentang hubungan antara makanan, kesehatan, penyakit dan pencegahannya

Bentuk non-tes: Penilaian kinerja produk
TM
10%

















UAS
30%
Makanan, Kesehatan, Penyakit dan Pencegahannya
Metode: Diskusi, presentasi, telaah literatur
Model: PBL
Penegasan ayat-ayat al-Qur’an tentang Makan dan minum (Al-a’rof: 31), makanan halal (An-Nahl: 1114-117; Al-Maidah: 88)
1.  Mahasiswa dibentuk beberapa kelompok kecil (6 mahasiswa)
2.  Setiap kelompok berdiskusi bersama
tentang macam-macam zat makanan beserta fungsinya
3. Setiap kelompok mencari beberapa literatur untuk membuat suatu makalah tentang aplikasi dari hubungan antara makanan, kesehatan, penyakit dan pencegahannya


TM: 100’
Komponen dan Bobot Penilaian :
1.       Tugas Mandiri (a)                   : 30%
2.       Tugas Terstruktur (b)          : 20%
3.       Ujian Tengah Semester (c) : 20%
4.       Ujian Akhir Semester (d)    : 30%

Nilai Akhir  = (a x 30%)+(b x 20%)+(c x 20%)+(d x 30%)
Semarang, 31 Agustus 2016
Dosen Pengampu,


Zuanita Adriyani



RENCANA TUGAS MAHASISWA (Tugas Terstruktur/TT dan Tugas mandiri/TM)

Rencana Tugas ke-
Tatap Muka
ke-
Tujuan Tugas
Uraian Tugas
Kriteria Penilaian
Obyek Garapan
Batasan yang Harus dikerjakan
Metode/cara pengerjaan tugas
Bentuk Luaran Tugas
Tugas Terstruktur
1
2
Mahasiswa memahami ciri makhluk hidup yang membedakannya dari makhluk tak hidup dan Klasifikasi MH

Membuat resume materi pembelajaran
1.   Resume ciri-ciri MH.
2.   Resume menyusun klasifikasi MH.

1.       Resume dibuat secara individual.
2.       Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.

Resume ditulis tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen resume  dimasukkan ke dalam folder plastik (untuk portofolio selama 1 semester).
Bobot 2%
2
4
Mampu memahami konsep saling ketergantungan antar MH
Membuat resume materi pembelajaran
1.   Resume konsep saling ketergantungan antar MH dan contoh rantai makanan.
2.   Resume konsep individu, populasi, komunitas, ekosistem dan habitat MH

1.       Resume dibuat secara individual.
2.       Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.


Resume ditulis tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen resume  dimasukkan ke dalam folder portofolio.

Bobot 2%
3
5

Mahasiswa mampu membedakan konsep pertumbuhan dan perkembangan pada MH
Membuat resume materi pembelajaran
1.   Resume konsep pertumbuhan
2.   Resume konsep perkembangan MH
1.     Resume dibuat secara individual.
2.     Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.


Resume ditulis tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen resume  dimasukkan ke dalam folder portofolio.
Bobot 2%
4
6
Mampu menjelaskan perkembangbiakan pada MH
Membuat resume materi pembelajaran
1.       Resume konsep perkembangbiakan pada hewan  tingkat tinggi dan rendah
2.       Resume konsep perkembangbiakan pada tumbuhan  tingkat tinggi dan rendah
3.       Resume proses pemanfaatan tekhnologi dalam  meningkatkan kualitas keturunan pd tumbuhan dan hewan
1.     Resume dibuat secara individual.
2.     Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.


Resume ditulis tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen resume  dimasukkan ke dalam folder portofolio.
Bobot 2%
5
7
Mampu memahami macam-macam adaptasi binatang beserta contohnya
Membuat resume materi pembelajaran
1.   Resume konsep adaptasi binatang
2.   Resume macam-macam adaptasi binatang beserta contohnya
1.     Resume dibuat secara individual.
2.     Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.


Resume ditulis tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen resume  dimasukkan ke dalam folder portofolio.
Bobot 2%
6
9
Mampu memahami struktur jaringan pada tumbuhan beserta fungsinya
Membuat resume materi pembelajaran
1.       Resume konsep anatomi tumbuhan
2.       Resume mendeskripsikan sistem jaringan tumbuhan (akar, batang, daun, bunga, buah dan biji)
1.       Resume dibuat secara individual.
2.       Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.


Resume ditulis tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen resume  dimasukkan ke dalam folder portofolio.
Bobot 2%
7
10
Mampu menjelaskan fungsi rangka dan macam-macam kelainan penyakit pada tulang
Membuat resume materi pembelajaran
1.   Resume macam-macam tulang, sendi dan otot penyusun tubuh manusia
2.   Resume fungsi rangka
3.   Resume macam-macam kelainan penyakit pada tulang
1.       Resume dibuat secara individual.
2.       Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.


Resume ditulis tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen resume  dimasukkan ke dalam folder portofolio.
Bobot 2%
8
11
Mampu menyebutkan macam-macam alat indera dan fungsi bagian-bagian dari alat indera
Membuat resume materi pembelajaran
1.     Resume macam-macam alat indera beserta fungsi-fungsinya
2.     Resume fungsi bagian-bagian dari alat indera
1.       Resume dibuat secara individual.
2.       Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.


Resume ditulis tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen resume  dimasukkan ke dalam folder portofolio.
Bobot 2%
9
12
Mampu menyebutkan alat pernafasan beserta fungsinya
Membuat resume materi pembelajaran
1.       Resume organ pernafasan pada manusia beserta fungsinya
2.       Resume proses bernafas berdasarkan jenis pernafasannya
1.       Resume dibuat secara individual.
2.       Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.

Resume ditulis tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen resume  dimasukkan ke dalam folder portofolio.
1%
10
13
Mampu memahami proses terjadinya pencernaan makanan pada manusia
Membuat resume materi pembelajaran
1.       Resume organ pencernaan pada manusia beserta fungsinya
2.       Resume proses pencernaan makanan sesuai dengan urutan organnya
1.       Resume dibuat secara individual.
2.       Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.

Resume ditulis tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen resume  dimasukkan ke dalam folder portofolio.
2%
11
14
Mampu memahami sistem peredaran darah pada manusia
Membuat resume materi pembelajaran
Resume  proses beredarnya darah dalam tubuh manusia
1.       Resume dibuat secara individual.
2.       Dikumpulkan tepat waktu pada pertemuan berikutnya.

Resume ditulis tangan rapi dengan kertas folio bergaris.
Dokumen resume  dimasukkan ke dalam folder portofolio.
1%
Tugas Mandiri
1
3

Mahasiswa mampu menyusun tulisan yang menarik tentang penyakit yang ditimbulkan oleh virus dan bakteri
Makalah 
-      Gejala
-      Penyebab
-      Cara Penularan
-      Pengobatan

1)     Buatlah sebuah makalah tentang penyakit yang ditimbulkan oleh virus dan bakteri
2)      Makalah berisi tentang: 
-     Gejala
-     Penyebab
-     Cara Penularan
-     Pengobatan
3)      Tugas ini bersifat kelompok.
4)      Setiap kelompok harus mempunyai tema penyakit yang berbeda 
Makalah diketik komputer rapi dengan spasi 1.5 dengan font Time New Roman dan diprint out dengan kertas A4 dan dijilid rapi.

Bobot penilaian tugas mandiri ini 30% dari 100%
2

5
Membuat laporan praktikum pertumbuhan biji kacang hijau di tempat gelap dan terang
Laporan Praktikum Kecambah
-        Mengamati dan mengukur pertambahan tinggi batang pada kacang hijau setiap hari
-        Mengamati kekuatan akar dan batang
-        Mengamati warna batang dan daun
-        Mengamati diamater batang, akar dan daun
1)      Buatlah laporan praktikum tentang pertumbuhan biji kacang hijau di tempat gelap dan terang
2)      Laporan praktikum berisi:
-          Tujuan praktikum
-          Dasar Teori/ Landasan Teori yang melatar belakangi adanya praktikum
-          Alat dan Bahan yang digunakan dalam praktikum
-          Cara kerja praktikum
-          Data pengamatan
-          Pembahasan
-          Kesimpulan
-          Daftar Pustaka
3)      Tugas bersifat individual

Laporan praktikum ditulis tangan rapi di kertas folio bergaris.

3
15
Mahasiswa mampu menyusun tulisan yang menarik tentang aplikasi dari hubungan antara makanan, kesehatan, penyakit dan pencegahannya
Makalah
Mencari hubungan antara makanan yang dapat berpengaruh pada kesehatan atau sebaliknya (memicu suatu penyakit )
1)     Buatlah sebuah makalah tentang antara makanan, kesehatan, penyakit dan pencegahannya
2)     Makalah berisi tentang: 
-     Jenis Makanan
-     Efek bagi Kesehatan atau Penyakit
-     Cara pengobatan penyakit
3)      Tugas ini bersifat kelompok.
4)      Setiap kelompok harus mempunyai tema yang berbeda
Makalah diketik komputer rapi dengan spasi 1.5 dengan font Time New Roman dan diprint out dengan kertas A4 dan dijilid rapi.



Semarang, 31 Agustus 2016
Dosen Pengampu,
Tim Teaching

Zuanita Adriyani


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Nasikh dan Mansukh

Analisis Kasus Dengan Teori Erikson

Laporan Kuliah Kerja Lapangan Bali 2018