Resensi "Jurnalisme Dasar"



 Di buku ini disebutkan bahwa sifat skeptis adalah sifat dasar yang harus dimiliki oleh seorang jurnalistik. Sifat skeptis yaitu sifat keraguan yang membuat seseorang akan bertanya, mencari, sampai mendapatkan kebenaran. Ciri seorang jurnalistik yang kedua adalah bertindak, tidak menunggu sampai berita itu muncul. Seorang jurnalis akan terjun langsung ke lokasi untuk mendapatkan berita yang akurat. Yang ketiga, seorang jurnalis harus mendorong terjadinya perubahan. Perubahan ini rumuskan dalam empat elemen pemberitaan. (1) wartawan mulai mengubah diri mereka, (2) wartawan mulai mengubah bentuk dan sifat dari pesan mereka, (3) wartawan mengubah media mereka ke multimedia, dan (4) wartawan melibatkan audience dalam mencari kebenaran yang adil dan konstekstual akurat. Sifat yang selanjutnya adalah seni dan profesi. Jurnalisme itu bukan mesin, jurnalisme adalah seni dan profesi dengan tanggung jawab profesional.
Peran pers
Beberapa peran yang dijalankan oleh pers di antaranya adalah sebagai pelopor. Yaitu pers bertindak sebagai mata dan telinga publik, melaporkan peristiwa dengan netral tanpa prasangka. Selain sebagai pelopor, pers memiliki peran sebagi interpreter yang memberikan penafsiran pada suatu peristiwa. Pers juga menambah bahan dalam usaha menjelaskan artinya, misal analisis berita atau komentar berita. Pers juga berperan sebagi pengkritik terhadap pemerintah. Terakhir, pers berperan sebagai pembuat kebijaksanaan dan advokasi.peran ini tampak pada penulisan editorial dan artikel.
Sembilan prinsip jurnalisme
Disebutkan bahwa tujuan utama dari jurnalisme adalah menyediakan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat agar mereka dapat berperan membangun sebuah masyarakat yang bebas. Sembilan prinsip yang harus dikembangkan  pada jurnalisme
1.      Kewajiban pertama pada jurnalisme adlah kebenaran
2.      Loyalitas pertama jurnalisme adalah kepada warga masyarakat
3.      Inti jurnalisme adalah disiplin untuk melakukan verifikasi


4.      Para wartawan harus memiliki kebebasan dari sumber yang mereka liput
5.      Wartawan harus mengemban tugas sebagai pemantau yang bebas terhadap kekuasaan
6.      Jurnalisme harus menyediakan forum untuk kritik dan komentar publik
7.      Jurnalisme harus berusaha membuat yang penting menjadi menarik dan relevan
8.      Wartawan harus menjaga agar berita itu proporsional dan komprehensif
9.      Wartawan itu memiliki kewajiban utama terhadap suara hatinya

Wartawan
Jurnalisme bukan sekedar pekerjaan, tetapi sebuah jalan hidup di mana orang dituntut untuk selalu mencari gagasan  baru. Kewajiban yang diemban wartawan melahirkan tanggung jawab yang harus mereka pikul.
Tiga kategori tanggung jawab yang bisa diterapkan dalam dunia pers :
1.      Tanggung jawab yang didasarkan pada penugasan
2.      Tanggung jawab berdasarkan kontrak
3.      Tanggung jawab yang timbul dari diri sendiri

Tujuan mulia
Jurnalisme adalah alat yang paling penting yang kita miliki untuk menjaga agar pemerintah jujur, menjaga agar masyarakat mendapat informasi, dan menjaga agar demokrasi tetap utuh. Inti menulis berita adalah suatu pekerjaan yang mulia. Jurnalisme harus lah diresapi sebagai tugas suci, dijankan dengan kesadaran bahwa sarana komunikasi yang sangat kuat telah dipercayakan demi kebaikan orang banyak


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Nasikh dan Mansukh

Analisis Kasus Dengan Teori Erikson

Laporan Kuliah Kerja Lapangan Bali 2018