Semarang,6/10/2016.lpmedukasi.com- Ponorogo merupakan satu dari kesekian kabupatan/kota kecil di Jawa Timur. Ada hal unik yang menarik dari Ponorogo. Yaitu Reyog Ponorogo. Utamanya, memasuki tahun baru hijriah pada 2016 ini, Ponorogo punya gawe, yaitu Festival Reyog Nasional yang diadakan setiap tahunnya. Bukan Ponorogo namanya, bila tidak mengadakan festival yang sarat akan keluhuran budaya ini.
Keramaian acara Festival Reyog Nasional (FRN) tahun ini, sampai ditelinga mahasiswi asal Ponorogo yang berkuliah di Kota elit Semarang tepatnya di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Mahasiswi tersebut bernama Nia Agustin Uswatun Saputri, mahasiswa angkatan 2016 program pendidikan D3 Perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).
Cewek cantik ini, tepatnya tinggal di Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Sampai akhirnya dirinya memutuskan untuk tinggal di Semarang demi melanjutkan studinya di UIN Walisongo. Menurut penuturannya, “ Meskipun saya sekarang berada di luar kota reyog, saya tetap bisa mendengar keramaian acara di kota kecil tercinta saya. Acara FRN tahun ini, seperti tahun sebelumnya. Cukup meriah dan banyak warga Ponorogo yang sangat antusias untuk menyaksikannya. Bahkan orang luar kota Ponorogo pun rela datang ke kota kecil Ponorogo hanya untuk menyaksikan acara tahunan FRN tersebut. Antusiasme warga dibuktikan para warga Ponorogo lewat sosial media mereka, yang saya sendiri pun juga kebetulan melihatnya. Bahkan saat acara pembukaan FRN sampai dengan penutupannya, mereka selalu memasang display picture dan status bertema tiket dan acara FRN tersebut.”
Selain menurut penuturan Nia, Ponorogo terus menggebrak dengan mengundang musisi Iwan Fals di puncak acara FRN. Nia lantas menambahkan, “ Saya berharap, semoga acaranya lebih baik lagi. Agar acara FRN tersebut dapat menarik wisatawan tak hanya dari Ponorogo, dan luar kora saja. Tetapi, supaya kedepannya FRN dapat menarik minat wisatawan luar negeri. Bahwa Indonesia dan khususnya Ponorogo mempunyai kebudayaan yang unik dan elok.”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Nasikh dan Mansukh

Analisis Kasus Dengan Teori Erikson

Laporan Kuliah Kerja Lapangan Bali 2018