Analisis Kliping


Judul Berita     : Masih Ditemukan Ruang Kelas Rusak
Sumber            : KOMPAS
Hari/tanggal    :

Sebagai Pelaksana
Jika saya dari sudut pandang kepala sekolah, saya harus bijaksana dalam upaya peningkatan sarana pendidikan. Jika memang sekolah benar-benar membutuhkan perbaikan akibat dari kerusakan yang terjadi maka sekolah harus memberikan data informasi lengkap yang dibutuhkan beserta foto kerusakan yang ingin diperbaiki itu apa saja. Kemudian data tersebut diajukan kepada atasan agar mereka juga bisa memberikan anggaran yang sesuai dengan biaya perbaikan kerusakan tersebut.
            Telah disebutkan diatas bahwa Kepala Dinas Pendidikan NTT, menyampaikan untuk anggaran perbaikan sarana pendidikan terbatas. Dalam hal ini memurut saya Kepala Dinas Pendidikan harus mengupayakan dan mementingkan sekolah-sekolah yang lebih membutuhkan anggaran perbaikan sarana pendidikan. Maka dari itu Kepala Dinas Pendidikan memberikan atau memerintahkan kepada kepala sekolah di NTT untuk memberikan informasi lengkap beserta bukti foto kerusakan tersebut kepada Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota. Maka dari informasi tersebut Kepala Dinas Pendidikan bisa membandingkan dengan melihat skala prioritas mengenai perbaikan sarana pendidikan yang paling penting dari berbagai sekolah yang terdapat di NTT. Sehingga sekolah yang benar-benar memgalami kerusakan berat dapat teratasi. Jadi, anggaran pendidikan dalam APBD bisa difokuskan untuk perbaikan kerusakan sarana pendidikan dalam skala berat dan sedang. Untuk kerusakan yang ringan diberi anggaran yang sesuai.
Sebagai Konsumen
            Jika saya dari sudut pandang ini saya sangat membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Apabila sarana pendidikan yang diperlukan dalam proses kegiatan belajar mengajar tidak memadai maka pengajar dan peserta didik tidak dapat belajar secara efektif dan efisien, akan berakibat dalam masalah minimnya pendidikan disebabkan karena keterbatasan fasilitas sekolah dan pembelajaran.
Saran
            Sebaiknya pemerintah pusat menambah anggaran pendidikan dalam APBD NTT setiap tahunnya sehingga pengajar dapat mencapai tujuan pendidikan dan peserta didik dapat belajar dengan efektif dan efisien dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk mengoptimalkan perbaikan kerusakan, pihak sekolah mengambil keputusan yang ditujukan kepada orangtua serta pihak sekolah turut serta membantu mendonasi yang rusak. Sehingga sekolah tidak hanya menunggu cairan dana dari APBD NTT. Komite sekolah juga harus aktif membantu mencarikan dana. Jika komite sekolah terlibat aktif dalam memecahkan masalah ini, itu lebih baik lagi, karena momite sekolah pasti memiliki link yang banyak.













Judul Berita     : Mutu Pendidikan (Kemampuan Calistung Siswa SD Kurang)
Sumber            : KOMPAS
Hari/tanggal    :

Sebagai Pelaksana
            Jika saya dari sudut pandang ini saya akan berusaha mengajarkan materi dengan strategi yang berbeda sebelumnya. Strategi yang membuat anak menjadi lebih senang belajar dan ceria, perlu adanya tekanan pada materi yang disampaikan oleh guru sehingga anak bisa lebih memahami disertai dengan cerita yang mudah dipahami anak. Selain itu, pelaksana kegiatan kependidikan juga harus dilakukan berbagai pelatihan dan peningkatan kualifikasi guru.
Sebagai Konsumen
            Menurut saya dalam segi siswa, lemahnyan kemampuan membaca menulis dan menghitung bisa disebabkan karena tenaga pendidik yang kemampuan akademik dan professional yang tidak optimal sehingga siswa dalam kegiatan belajar mengajar juga tidak optimal. Peran serta masyarakat, khususnya orangtua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan selama ini sanagat minim. Partisipasi masyarakat pada umumnya selama ini lebih banyak dukungan dana dari pada proses pendidikan.
Saran
            Lemahnya kemampuan siswa dalam bidang membaca, menulis, menghitung dan sains berawal dari lemahnya pembelajaran membaca karena kemampuan guru berbeda-beda dan kondisi sekolah. Kestidaksiapan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan bertaraf internasional dan ketidaksiapan guru yang berkompeten dalam menyelenggarakan pendidikan tersebut merupakan perpaduan yang klop untuk menghasilkan lulusan yang tidak siap juga dalam beekompetisi di era globalisasi ini sehingga menghasilkan lulusan yang kurang berkualitas. Agar permasalahan mutu pendidikan tersebut selesai diperlukan adanya antisipasi salah satunya yaitu memberdayakan lembaga pendidikan baik sekolah maupun luar sekolah sebagai pusat pemberdayaan nilai, sikap, dan kemampuan serta meningkatkan partisipasi keluarga dan masyarakat yang didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.



















Judul Berita     : PW Fatayat NU Dorong Percepatan Wirausaha Baru
Sumber            : KOMPAS
Hari/tanggal    :


Sebagai pelaksana
            Peningkatan sumber daya manusia merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas. Berkenaan dengan hal itu, sebagai pelaksana mengadakan pelatihan kewirausahaan dan pemodalan untuk meningkatkan sumber daya manusia agar masyarakat terutama kalangan para muda agar bisa berkarya dan tidak lagi menjadi beban keluarga dan masyarakat. Kegiatan ini merupakan langkah positif yang dapat memotivasi masyarakat dalam upaya menciptakan peluang usaha dan menumbuhkan jiwa wirausaha. Kegiatan ini dapat menggerakkan masyarakat untuk mencontoh para pengusaha yang telah terjun dan berhasil dalam membangun kariernya melalui dunia wirausaha, dan diharapkan mampu mencetak masyarakat yang membuka lapangan pekerjaan sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membantu usaha pemerintah dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran.
Sebagai Konsumen
            Dengan adanya pelatihan dan pengajaran yang bekerja sama dengan BBPP (Balai Besar Peningkatan Produktivitas) Kemenker RI peserta pelatihan mendapat pengaruh yang bernilai positif. Pertama, dengan mengikuti pelatihan ini sebelum memulai usaha peserta pelatihan akan mendapat pengetahuan yang cukup untuk menjalankan bisnis mereka sehingga mereka dapat mengambil langkah apa yang barus dilakukan dan dapat memaksimalkan waktu yang ada. Kedua, meningkatkan kinerja pekerjaan sehingga menjadi lebih efektif dan efisien serta dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru bagi bisnis mereka. Ketiga, pembentukan sikap. Pelatihan dapat membentuk sikap dan tingkah laku para pengusaha dengan konsumen. Keempat, pelatihan membantu memecahkan masalah operasional perusahaan sehari-hari seperti mengurangi kecelakaan kerja dan lain sebagainya.
            Melalui seminar akan terkobar semangat api yang membara untuk menjadi seorang penguasha tetapi itu hanya sebentar. Motivasi dari seminar tidak akan bertahan lebih lama, jika kita tidak langsung terjun dalam penerapannya. Kegagalan sering terjadi karena peserta tidak konsisten menjalankan materi pelatihan. Perserta juga sering terjebak dalam ilusi sosom bahwa pelatihan ini hanyalah ikut pelatihan sebagai sosoknya bukan substansinya.
Saran
Konsisten bisnis adalah hal yang sangat berat, apalagi dalam situasi yang sulit. Tetapi jika bisa bertahan dalam kondisi yang sulit, maka akan semakin kuat sebagai seorang pengusaha. Agar seorang pengusaha tetap konsisten dalam menjalankan bisnis baru mereka maka yang harus diperhatikan yaitu berusaha tetap optimis, bertukar atau mencari informasi yang banyak seputar bisnis, mengajak bekerjasama dengan orang lain untuk membuat kita lebih berkualitas dan bisnis semakin beekembang, belajar melalui buku, website, televisi dimana semua sudah tersaji tinggal bagaimana kita bisa untuk terus berinisiatif menambah wawasan terkait bisnis. Temukan hal-hal baru dan jangan takut gagal.











Judul Berita     : Anggaran Rp 120 Miliar Untuk Gaji 13-1   
Sumber            :
Hari/tanggal    :

Sebagai pelaksana
            Saya setuju dengan adanya anggaran pencairan untuk gaji PNS ke 13 dan 14. Pemberian gaji ini diharapkan dapat bergungsi sebagai alat penjaga integritas dan pelecut kinerja kerja bagi PNS.
Sebagai konsumen
            Dengan adanya pencairan gaji ke 13, akan sangat membantu PNS membayar kebutuhan pendidikan keluarga atau anaknya saat memasuki tahun ajaran. Untuk perencanaan pencairan gaji ke 14, ini sangat membantu untuk meningkatkan kesejahteraan PNS. Kebijakan gaji berkala ini akan membantu meringankan beban fiskal pemerintah.
Saran
Dengan adanya gaji lebih ini seluruh Pegawai Negeri Sipil agar dapat memaksimalkan kinerjanya sesuai dengan bidangnya. Untuk seorang guru tidak boleh mengorupsi waktu yang ada, sebaiknya guru-guru harus lebih mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar. Untuk pencairan dana harus dijelaskan lebih detail mengenai alasan yang konkret akibat dari pembagian pencairan dana tersebut.





Judul Berita     : Kiat Pemerataan Mutu Perguruan Tinggi Didorong Dengan Berbagai Kiat. Dirjen Sumber Daya Iptek Dan Dikti Ali Ghufron Mukti Antara Lain Menyebutkan Program Magang.
Sumber            : KOMPAS                                                                                   
Hari/tanggal    :

Sebagai Pelaksana
Saya setuju karena adanya kerjasama antara Pimpinan PPs Studi Pembangunan UKSW dan Pimpinan PPs Studi Pembangunan IPB dalam program KPK (Kegiatan Pengumpulan Kredit). Dalam hal ini kerjasama antara Universitas Negeri dan Universitas Swasta akan terjadi tukar menukar pengalaman baik dari Dosen UKSW dan Dosen IPB. Sehingga mahasiswa yang terlibat khususnya program pascasarjana dapat memperdalam sesuai keahlian masing-masing.
Sebagai Konsumen
            Dalam program pascasarjana mendapat keuntungan dengan adanya kerjasama tersebut sehingga dapat bertukar pikiran mengenai ilmu-ilmu pascasarjana dari pihak UKSW dan IPB.
Saran                 
            Program ini sangat positif sehingga perlu adanya peningkatan agar program tersebut bisa diterapkan bukan hanya pascasarjana saja tetapi Sarjana, Diploma, SMA, SMK, dan SMP sehingga pendidikan Indonesia akan semakin maju.





Judul Berita     : Guru Agama Minim di Kulonprogo
Sumber            : Lintas Jateng                                                                               
Hari/tanggal    :

Sebagai pelaksana
            Saya kurang setuju terhadap kebijakan pemerintah yaitu menarik guru-guru yang mengajar di sekolah swasta ke sekolah negeri. Hal tersebut akan menimbulkan masalah dan akan membebani sekolah swasta, tetapi disisi lain juga sekolah negeri sangat membutuhkan guru-guru yang profesional.
Sebagai Konsumen
            Upaya kepedulian pemerintah terhadap sekolah swasta dapat dijadikan sebagai kabar baik. Sekolah swasta akan terbebani dengan anggaran pendidikan yang kian memberatkan, dengan adanya bantuan guru berstatus PNS akan meringankan anggaran gaji guru. Sekolah swasta akan terbantu karena gaji guru PNS ditanggung oleh pemerintah yang bersumber dari APBD atau APBN.
Penarikan guru pegawai negeri sipil (PNS) yang diperbantukan di sekolah swasta (DPK) untuk kembali ke sekolah negeri, sesuai arahan Kementrian PAN dan RB akan menuai polemik. Kebijakan seperti itu akan dinilai merugikan bagi daerah terpencil. Bila mereka ditarik, setengah dari total guru yang mengajar di sekolah swasta akan menīnggalkan sekolah tempat mereka bertugas sehingga akan membuat peserta didik (yang berada di sekolah swasta) akan terbengkalai.
Bantuan guru PNS ke sekolah swasta sering menimbulkan masalah loyalitas, loyalitas  guru berstatus PNS antara dinas pendidikan yang menugaskan dan pengurus yayasan yang menerima penempatan sering menyulitkan. Gaji guru PNS berasal dari APBD atau APBN dan bukan berasal dari uang yayasan akan membuat mereka loyal terhadap pemerintah sehingga guru tersebut akan menghormati yang membayar ketimbang yang memberi pekerjaan.

Saran
            Upaya permasalahan penarikan guru PNS ke sekolah swasta tersebut dapat diatasi dengan digantikannya guru PNS sekolah swasta dengan guru honorer dari sekolah negeri. Jika guru honorer pindah ke sekolah swasta akan menambah pendapatan yang lebih tinggi bagi mereka jika yayasan mau mengangangkat mereka sebagai guru yayasan. Selain itu dilakukannya penataan tenaga kependidikan yaitu dengan memajukan dan meningkatkan produktivitas kerja setiap kependidikan yang ada seperti pertumbuhan keilmuan, wawasan berpikir, sikap terhadap pekerjaan dan ketrampilan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari sehingga produktivitas kerja dapat ditingkatkan.













Judul Berita     : Dengan Perpustakaan, Petani Semakin Melek Teknologi
Sumber            : Lintas Jateng                                                                               
Hari/tanggal    :

Sebagai Pelaksana
            Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari hari ke hari semakin meningkat dan terus berkembang luas mulai dari daerah perkotaan sampai kepelosok daerah pedesaan. Dunia teknologi inforamasi dan komunikasi menawarkan dan memberikan banyak kemudahan dalam membantu memperlancar segala aktivitas manusia di segala bidang termasuk dalam bidang pertanian. Saya setuju dengan adanya perpustakaan untuk petani. Perpustakaan yang dilengkapi dengan fasilitas untuk memahami pola pertanian terkini melalui program sekolah petani. Perpustakaan yang dinamakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bangkit merupakan bagian dari Proyek Perubaham Penerapan Sekolah Petani untuk Pemberdayaan Kelompok Petani. Dimana didalamnya disediakan beragam referensi bacaan, terkait pertanian dan pengetahuan umum, para petani juga dapat mengakses internet secara gratis disertai dengan pendampingan layanan konsultasi.
Sebagai Konsumen
            Dengan adanya pengadaan perpustakaan untuk para petani, petani dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengetahui berbagai informasi tentang dunia pertanian, melalui cara budidaya tanaman yang baik, sampai cara mengatasi dan menanggualangi berbagai jenis penyakit tanaman. Tetapi melihat kondisi sekarang di era modern, tidak sedikit dari petani yang enggan untuk pergi ke perpustakaan, hal ini menjadi dampak negative dari pengadaan perpustakaan tersebut.
Saran
Di era kecanggihan tekonologi informasi dan komunikasi sekarang diperlukan adanya inovasi yang menarik agar minat baca petani semakin meningkat, salah satunya dengan pengadaan aplikasi penyuluhan pertanian berbasis android dalam memudahkan pertukaran informasi antara pakar pertanian dan petani berbasis handphone dengan memanfaatkan teknologi android yang sedang booming di tengah masyarakat Indonesia. Melalui aplikasi android ini penyuluh pertanian berbagi seputar pertanian sudah tidak lagi turun langsung ke lapangan sehingga dapat meningkatkan keberdayaan petani melalui penyiapan informasi petani untuk mendukung proses pengambilan keputusan berusaha tani untuk meningjatkan produktivitasnya.

















Judul Berita     : Deklarasi Penerapan Service Learning
Sumber            : Kompas                                                                                       
Hari/tanggal    :
Sebagai Pelaksana
            Saya setuju dengan penerapan Service Learning yang dijadikan sebagai metode dalam pelengkapan proses perkuliahan di Unika Soegijapranata. Metode Service Learning ini merupakan metode pedagogi yang bukan hanya mengasah kemampuan kognisi mahasiswa tetapi pada saat yang sama juga menggarap aspek karakter dan tanggungjawab kewargaan. Metode ini sudah diimplementasikan sejak 1990 dalam tiga bentuk yaitu mandiri, bagian perkuliahan, dan pengabdian masyarakat. Model pembelajaran ini selain melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan tentang situasi nyata dalam masyarakat dan kemampuan untuk mengatasinya, serta untuk membentuk karakter terutama agar mereka memiliki kesadaran berbela rasa atau peduli terhadap kaum yang lemah dan tersisihkan.
Service learning dianggap sebagai jembatan yang menghubungkan pembelajaran dan pelayanan melalui sebuah proses refleksi. Selain dipandang dapat membantu mengembangkan dimensi spiritual dan sosial mahasiswa, juga jembatani kesenjangan antara teori atau ilmu yang dipelajari di kelas dan praktek nyata secara pribadi dalam kehidupan mereka di masyarakat. Service leraning membantu mahasiswa untuk memiliki kemampuan kritis terutama terhadap berbagai situasi dan kondisi sosial yang mereka temukan dan hadapi dalam masyarakat yang dialami oleh komunitas mitra dimana mereka ditempatkan. Mahasiswa akan dimotivasi untuk melatih diri mereka: bagaimana mencapai kematangan intelektual dengan menghadapi berbagai persoalan nyata.
Sebagai Konsumen
            Metode ini dapat dirasakan langsung dalam proses perkuliahan, dimana dapat membantu perkembangan pribadi baik secara personal maupun inter-personal, memahami dan mengaplikasikan pengetahuan mereka, mengembangkan cara berpikir kritis, mengubah cara berpikir dan perspektif, dan membentuk karakter pribadi yang kuat sebagai warga negara. Selain itu, service learning  memberikan pengaruh yang kuat terhadap pembentukan karakter (soft skill) seperti kepedulian, berpikir kreatif dan kritis, leadership, membangun teamwork, dan kemampuan berkomunikasi.
Saran
Progam ini telah diimplementasikan di Unika Soegijapranata. Untuk itu diperlukan peningkatan lagi terhadap kualitas maupun kuantitasnya dari kegiatan yang dilakukan mahasiswa.
















Judul Berita     : Dana Sertifikasi Ngendon
Sumber            : Lintas Jateng                                                                               
Hari/tanggal    :

Sebagai Pelaksana
            Saya setuju dengan pencairan dana kekurangan tunjangan sertifikasi tahun 2011-2012 kepada guru penerima. Akan tetapi dana tersebut tidak serta merta dicairkan begitu saja, tapi harus ada surat atau aturan resminya dari Kemenkeu. Jika tidak terdapat surat resmi maka daerah tidak berani mencairkan dana tersebut. Jika dana itu lamgsung dibayarkan kepada penerima akan menimbulkan masalah karena itu semua sumbernya dari pusat.
Sebagai Konsumen
            Pencairan kekurangan tunjangan sertifikasi pada tahun 2011-2012 meresahkan guru penerima karena jika dibiarkan terus menerus akan menyusahkan kabupaten sragen lantaran pihaknya akan mengurangi jatah dana alokasi khusus dari pusat.
Saran
Peningkatan mutu guru harus diimbangi dengan kesejahteraan yang didapat guru sehingga tunjangan profesi guru harus dibayar sesuai waktu dan jumlahnya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Pemerintah Daerah harus berkoordinasi memastikan pengisian kekurangan  dilakukan dengan baik. Sehingga tidak terjadi keluhan dari para guru yang merasa dipersulit untuk mendapatkan hak mereka untuk hidup dengan sejahtera.




Judul Berita     : Dari Meniti Bebatuan hingga Diajar Gubernur
Sumber            : KOMPAS                                                                                   
Hari/tanggal    :


Sebagai Pelaksana
Saya tidak setuju dengan adanya medan yang harus ditempuh untuk menuju ke sekolah. Perjalanan cukup jauh sehingga harus melewati pematang sawah, belum lagi waktu yang diperlukan tidak sedikit untuk melewatinya.
Sebagai Konsumen
            Perjalanan berat untuk peserta didik untuk dapat sekolah. Jika ini tetap dibiarkan maka akan menimbulkan kecelakaan bagi peserta didik.

Saran
Pemerintah harus mengupayakan agar masyarakat dan peserta didik dapat menempuh perjalanan dengan cepat dan nyaman. Pemerintah perlu membangun ada beberapa jembatan dan juga untuk khusus lokasi ini saya tidak hanya sekedar mengusulkan jembatan tetapi penataan kawasan, sekaligus penataan infrastruktur di sekitar sekolah. Dana untuk pembangunan jembatan itu berasal dari APBN.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Nasikh dan Mansukh

Analisis Kasus Dengan Teori Erikson

Laporan Kuliah Kerja Lapangan Bali 2018